Dasar Teori - Teori tentang Peledakan (1)

Regards Michanarchy . . .

LAPORAN PRAKTIKUM
TEKNIK PELEDAKAN
2013


Peledakan adalah kegiatan pemecahan suatu material (batuan) dengan menggunakan bahan peledak atau proses terjadinya ledakan. Suatu operasi peledakan batuan akan mencapai hasil optimal apabila perlengkapan dan peralatan yang dipakai sesuai dengan metode peledakan yang diterapkan. Dalam membicarakan perlengkapan dan peralatan peledakan perlu hendaknya terlebih dahulu dibedakan pengertian antara kedua hal tersebut. Peralatan peledakan (blasting eqipment) adalah alat-alat yang dapat digunakan berulang kali, misalnya blasting machine, crimper, dan sebagainya. Sedangkan perlengkapan peledakan hanya diperlukan dalam satu kali proses peledakan atau tidak bisa digunakan berulang kali. Untuk setiap metode peledakan, perlengkapan dan peralatan yang diperlukan berbeda-beda. Oleh karena itu agar tidak terjadi kerancuan dalam pengertian, maka dibuat sistematika berdasarkan tiap-tiap metode peledakan dalam arti bahwa perlengkapan dan peralatan akan dikelompokkan berdasarkan metodenya.


Pekerjaan peledakan adalah pekerjaan yang penuh bahaya. Oleh karena itu, harus dilakukan penuh perhitungan dan hati-hati, agar tidak terjadi kegagalan atau bahkan kecelakaan. Untuk itu operator yang melakukan pekerjaan peledakan harus mengerti benar tentang cara kerja, sifat dan fungsi dari peralatan yang digunakan. Karena persiapan peledakan yang kurang baik akan menghasilkan atau bisa menyebabkan hasil yang tidak sempurna serta mengandung resiko bahaya terhadap keselamatan pekerja maupun peralatan. Dalam hal ini pemilihan metode peledakan, pemilihan serta penggunaan peralatan dan perlengkapan juga berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.


Pada peledakan bawah tanah juga mempunyai beberapa tujuan, yaitu : 
  1. Meledakkan batuan dengan tujuan menghasilkan ruangan, untuk gudang, jalan, saluran, terowongan pipaan, dan lain sebagainya.
  2. Meledakkan batuan dengan tujuan mengambil material seperti operasi penambangan.


banner
Previous Post
Next Post