Pendahuluan Petrologi


Regards...Michanarchy



LAPORAN PRAKTIKUM
PETROLOGI
2011


Petrologi adalah bidang geologi yang berfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Ada 3 (tiga) cabang petrologi, berkaitan dengan tipe pada batuan yaitu beku, metamorf, dan sedimen. Kata petrologi itu sendiri berasal dari kata bahasa Yunani "petros", yang berarti "batu" dan "logos" yang berarti "ilmu".




Definisi petrologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang aspek batuan sebagai pembentuk kerak bumi (secara umum). Atau merupakan cabang dari ilmu Geologi yang secara khusus membahas dan meneliti batuan, baik mengenai asal usulnya (petro genesa), struktur, tekstur, mineralogi, serta penyebarannya (secara khusus).


Batuan didefinisikan sebagai suatu bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral-mineral yang telah mengalami penghabluran dan tidak termasuk di dalamnya tanah dan batuan lepas lainnya yang berupa hasil pelapukan kimia ataupun mekanis serta proses erosi dari batuan.


Petrologi memanfaatkan bidang klasik mineralogi, petrografi mikroskopis, dan analisa kimia untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan. Ahli petrologi modern juga menyertakan prinsip geokimia dan geofisika dalam penelitian kecenderungan dan siklus geokimia serta penggunaan data termodinamika dan eksperimen untuk lebih mengerti asal batuan.




banner
Previous Post
Next Post

2 komentar:

Tinggalkan jejak anda disini