Pengetahuan Bahan Peledak

Regards Michanarchy . . .

LAPORAN PRAKTIKUM
TEKNIK PELEDAKAN
2013


Bahan peledak adalah bahan atau zat yang berbentuk padat atau cair, gas atau campurannya yang apabila terkena suatu aksi berupa panas, benturan/hentakan atau gesekan akan berubah secara kimiawi menjadi zat-zat yang lebih stabil yang sebagian besar atau seluruhnya berbentuk gas dan perubahan tersebut berlangsung dalam waktu yang amat singkat disertai efek panas dan tekanan yang sangat tinggi.


Bahan peledak yang dimaksudkan adalah bahan peledak kimia yang didefinisikan sebagai suatu bahan kimia senyawa tunggal atau campuran berbentuk padat, cair, atau campurannya yang aoabila diberi aksi panas, benturan, gesekan atau ledakan awal akan mengalami suatu reaksi kimia eksotermis sangat cepat dan hasil reaksinya sebagian atau seluruhnya berbentuk gas disertai panas dan tekanan sangat tinggi yang secara kimia lebih stabil.


Bahan peledak diklasifikasikan berdasarkan sumber energinya menjadi bahan peledak mekanik, kimia, dan nuklir (J.J.Manon, 1978). Karena pemakaian bahan peledak kimi lebih luas dibandingkan dengan sumber energi lainnya, maka pengklasifikasian bahan peledak kimia lebih intensif diperkenankan. Pertimbangan pemakaiannya antara lain : harga relatif murah, penanganan teknis lebih mudah, lebih banyak variasi waktu tunda (delay time) dan dibandingkan dengan nuklir bahayanya lebih rendah.


Bahan peledak adalah campuran senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan kecepatan tinggi. Gas dan panas yang dihasilkan akan menyebabkan suatu tekanan yang sangat tinggi yang dapat bersumber dari panas, gesekan, tumukan. Bahan-bahan peledak yang dipergunakannya umumnya adalah campuran dari persenyawaan-persenyawaan yang mengandung 4 (empat) elemen-elemen dasar, yaitu C (Carbon), H (Hydrogen), N (Nitrogen), dan O (Oxygen).


Secara umum peledakan akan terjadi jika terdapat 3 komponen, yaitu : oxidizer, bahan bakar, dan pemicu (penyalaan). Oxidizer berfungsi sebagai agen yang mentransfer oksigen bagi keberlangsungan reaksi pembakaran pada bahan bakar. Bahan peledak yang terdiri dari oxidizer dan bahan bakar tidak akan meledak jika tidak adanya pemicu atua penyalaan (initiation).


Segitiga Peledakan

banner
Previous Post
Next Post