Wanita berkulit hitam pertama - seorang jutawan - America




Sarah Breedlove (23 Desember 1867 - 25 Mei 1919), dikenal sebagai Ibu C.J. Walker merupakan seorang pengusaha yang dermawan, dianggap sebagai wanita pertama jutawan AMerika hasil dari usahanya sendiri. Dia mendapatkan semua itu dengan pengembangan dan pemasaran yang sukses di bidang produk kecantikan dan rambut untuk wanita berkulit hitam dibawah perusahan yang ia dirikan, Madam C.J. Walker Manufacturing Company.

Awal kehidupan

Sarah Breedlove lahir pada 23 Desember 1867 di Delta, Louisiana. Dia merupakan salah satu dari enam bersaudara, dia memiliki 1 saudara perempuan bernama Louvenia dan 4 saudara laki-laki bernama Alexander, James, Solomon, dan Owen Jr. Orang tua dan saudara tertuanya bekerja di perkebunan Madison Parish, yang dimiliki oleh Robert W, Burnet. Dia merupakn anak pertama di keluarganya yang lahir setelah kebebasan proklamasi emansipasi ditandatangani. Ibunya meinggal, dikabarkan karena terkena kolera, pada tahun 1872. Kemudian ayahnya menikah lagi dan tidak lama kemudian meninggal. Sarah, yatim piatu saat berusia 6 tahun, pindah bersama kaka dan kakak iparnya, Willie Powell. Saat berusia 14 tahun, ia menikah dengan Moses Mc. William untuk melarikan diri dari perlakuan buruk Powell, dan 3 tahun kemudian putrinya, Lelia McWilliams, lahir. Ketika Sarah berusia 20 tahun, suaminya meninggal, dan Lelia baru berusia 2 tahun. Tak lama kemudian mereka pindah Ke St. Louis dimana tiga saudara laki-lakinya tinggal. Mereka semua bekerja sebagai tukang cukur di sebuah salon loka. Dia akhirnya berhasil mendapat pekerjaan sebagai tukang cuci. Dia nyaris tidak mendapatkan lebih dari 1 dolla dalam sehari, tetapi dia tetap bertekad untuk mencukupi biaya putrinya agar dapat menerima pendidikan formal.

Karir

Seperti kebanyakan perempuan di eranya, Sarah mengalami rambut rontok terutama dikarenakan pola makan yang buruk, praktek kebersihan dan produk keras sepserti alkali termasuk dalam sabun digunakan untuk membersihkan rambut. Karena kebanyakan orang Amerika tidak memiliki saluran air ledeng (didalam), pemanas sentral dan listrik, mereka sangat jarang untuk mandi dan mencuci rambut. Awalnya ia belajar tentang perawatan rambut dari saudara laki-lakinya, yang memiliki sebuah toko tukang cukur di St. Louis.

Sekitar tahun 1904 World'sFAir, ia menjadi agen komisi yang menjual produk untuk Annie Turnbo Malone, seorang pengusaha perawatan rambut Afrika-Amerika. Ketika bekerja dengan Annie Malone, dia mengadaptasi pengetahuannya tentang rambut dan produk rambut. Kemudian dia pindah ke Denver untuk bekerja pada produk perawatan rambutnya di Denver, dan menikah dengan Charles Joseph Walker, seorang salesman periklanan koran. Dia muncul dengan nama Ibu C.J. Walker, seorang penata rambut independen dan pengecer krim kosmetik. Setelah pernikahan mereka, Charles Walker menyediakan rekomendasi iklan dan promosi, sementara Ibu C.J. Walker mengikuti pelatihan perempuan untuk menjadi "beauty culturists" dan untuk belajar seni menjual. Tahun 1906, Nyonya Walker menempatkan putrinya A'Lelia kepada seseorang yang bertanggung jawab sementara dia dan suaminya bepergian ke seluruh selatan dan timur untuk memperluas bisnis.


Terinspirasi oleh model dari National Association of Colored Women, ia mulai mengorganisir agen penjualan ke dalam klub lokal dan negara. Pada tahun 1917 ia menyampaikan konferensi tahunan pertamanya dari Madam Walker Beauty Culturist di Philadelphia. Selama konvesi dia memberi hadiah tidak hanya kepada perempuan yang telah menjual sebagian besar produk dan membawa agen penjualan yang baru, tetapi juga untuk mereka yang telah banyak memberikan kontribusi untuk amal di komunitas mereka. Dia menekankan pentingnya keterlibatan filantropi dan politik. Ini memiliki dampak yang besar terhadap perluasan bisnisnya. Dia juga memulai bisnisnya sendiri untuk bersaing dengan bisnis lainnya.

Sementara putrinya Lelia (kemudian dikenal sebagai A'Lelia Walker) menjalankan bisnis dari Denver, Ibu Walker dan suamianya bepergian di seluruh negara-negara selatan dan timur. Mereka menetap di Pittsburgh pada tahu 1908 dan embuka Lelia Universitas untuk melatih "hair culturists". Pada tahun 1910 Walker pindah ke Indianapolis dimana ia mendirikan markas dan membangun pabrik, salon rambut, dan sekolah kecantikan untuk melatih agen penjualannya. Dia kemudian menambahkan sebuah laboratorium untuk membantu dengan penelitiannya Sarah, yang mana sekarang dikenal sebagai Ibu C.J. Walker, menjadi sangat sukses. Pasar bisnisnya berkembang di luar Amerika Serika ke Kuba, Jamaika, Haiti, Panama, dan Kosta Rika. 

Dia mulai mengajar dan melatih perempuan kulit hitam lainnya kebebasan, penganggaran, dan perawatan dalam rangka untuk membantu mereka membangun bisnis mereka sendiri. Dia juga memberi kuliah tentng isu-isu politik, ekonomi, dan sosial di konvensi yang disponsori oleh lembaha hitam yang kuat. Pada tahun 1917 dia memulai dengan Walker Hair Culturists Union of America Convention, yang akhirnya menjadi pertemuan nasional pertama wanita Amerika dibawa bersama untuk membahas bisnis dan perdagangan. Dia terlibat dalam masalah politik, bergabung dengan eksekutif Silent Protest Parade. Itu merupakan demostrasi publik dengan 8000 orang Amerika-Afrika untuk memprotes kerusuhan yang menewaskan 39 orang Amerika-Afrika.

Setelah Silent Protest Parade, dia bergabung dengan para pemimpin dari National Association untuk Advancement of Colored People (NAACP) dalam upaya mereka untuk mendukung undang-undang untuk menghakimi kejahatan federal. Pada tahun 1918, pada konverensi kedua dari National Association of Colored Women (NACW), dia mengakui untuk membuat kontribusi tersbesar untuk menyelamatkan Anascostia (Washington, DC) rumah abolisionis Frederick Douglass. Dia terus menyumbang uang sepanjang karirnya ke NAACP, YMCA, dan untuk sekolah hitam, organisasi, individu, panti asuhan, dan panti jompo.

Pada tahun1917, ia ditugaskan Vertner Tandy, arsitek kulit hitam pertama berlisensi di New York dan anggota pendiri Alpha Phi Alpha persaudaraan, untuk merancang sebuah rumah untuknya di Irvington-on-Hudson, New York, Villa Lewaro. Rumah dengan biaya $250,000 untuk membangunnya. Dia pindah ke Villa Lewaro pada Mei 1918 dan menjadi tuan rumah acara pembukaan untuk menghormati Emmett Scott, yaitu Assistant Secretary for Negro Affairs of the United Statew War Department.

Tepat sebelum kematiannya, dia berjanji $5,000, yang setara dengan $65,000 dolar hari ini, untuk dana anti-hukuman mati tanpa pengadilan NAACP. Madam C.J. Walker meninggal di Villa Lewaro pada Minggu 25 Mei 1919 karena kompiklasi hipertensi. Dia baru berumur 51 tahun. Dalam dirinya akan mengarahkan 2/3 dari laba bersih usahanya untuk amal dan pewarisan. Pada kematiannya, dia dianggap sebagai wanita Afrika-Amerika terkaya di Amerika. Menurut Walker New York Times, "kata dia sendiri dua tahun yang lalu (tahun 1917) bahwa dia belum jutawan, tetapi berharap suatu saat nanti". Putrinya, A'Lelia Walker, menjadi presiden dari Madame C.J. Walker Manufacturing Company.


Sumber : wtffunfact.com, dll
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Tinggalkan jejak anda disini