Dasar-Dasar Pemilihan Sistem Ventilasi

Regards Michanarchy . ..

LAPORAN PRAKTIKUM
TAMBANG BAWAH TANAH
2013


Dalam rangka penentuan rencana pembuatan ventilasi tambang, sebaiknya dipertimbangankan persyaratan-persyaratan seperti di bawah ini :

a. Konstruksinya harus dibuat sedemikian ruapa, agar ventilasi yang diperlukan untuk pengembangan pit ke depan, dapat dilakukan secara ekonomis, dan konstruksinya dibuat dengan memiliki kelonggaran (kelebihan) udara ventilasi secukupnya, untuk mengantisipasi pertambahan atau perkembangan pit di kemudian hari, serta peningkatan gas yang mungkin timbul akibat dari penambangan.

b. Struktur yang diinginkan untuk metode ventilasi pada jenis ventilasi utama adalah sistem diagonal. Sedangkan pembuatan vertical shaft, khusus dilakukan terhadap kondisi penambangan bagian dalam. Selain itu, pada tempat yang sulit dilakukan penggalian vertical shaft (misalnya tambang batubara dasar laut), diharapkan memiliki inclined shaft khusus dengan penampang sedemikian rupa agar tahanan ventilasi utama menjadi sekecil mungkin, dan memungkinkan mengambil ventilasi cabang sebanyak mungkin dari terowongan ini.

c. Dalam melaksanakan pengembangan pit dan penambangan serta dilihat dari segi konstruksi pit, penting kiranya dibuat ventilasi pada permukaan kerja. Sehingga penambangan batubara dan penggalian maju menjadi independen secara sempurna. Selain itu untuk daerah penambangan yang luas, diharapkan mempunyai sistem ventilasi, baik intake air maupun exhaust air, yang terpisah dari daerah lain.

banner
Previous Post
Next Post